cara membuat google custom search di Blogspot

Cara Memasang Google Custom Search Engine di Blog - Kotak pencarian pada Blog merupakan Point penting karena kotak pencarian pada blog mempunyai peran yang berfungsi agar konten pada sebuah website yang sulit di cari bisa dengan mudah di cari menggunakan Widget Kotak pencarian tersebut. pada ulasan kali ini saya akan membahas cara membuat google custom search engine di Blogspot,saya sangat menyarankan agar menggunakan Search khusus dari google ini karena hasilnya lebih lengkap di banding Fungsi kotak pencarian lain dan tidak hanya itu kelebihan dari pencarian khusus dari google tersebut bisa di kaitkan dengan akun google adsense karena pencarian khusus google bisa di Monetasi dengan google adsense, Tidak percaya ?

 membuat google custom search
tampilan google custom search
Gambaran di atas adalah Contoh dari Pencarian khusus dari Google.untuk Memasang Widget pencarian Khusus dari google ini Sobat bisa mengikuti Langkah demi langkah yang sudah saya berikan di bawah ini .

Membuat google custom search di Blogspot.

1.Untuk memasang Widget pencarian Khusus google kita harus membuatnya dulu dan untuk membuatnya silahkan kunjungi Google Custom Search di https://cse.google.com/cse/create/new

2.Selanjutnya silahkan masukan Url blog yang ingin di pasang pencarian khusus google tersebut dan pilih bahasa pada menu bahasa sesuai keinginan, saran saya Bahasa Indonesia saja dan masukan nama dari pencarian tersebut dan klik Buat.

cara membuat google custom search di Blogspot
membuat google custom search 

3.Setelah terbuat maka kita akan di arahkan pada menu akhir dari pembuatan pencarian khusus google ini, klik Dapatkan Kode.

cara membuat google custom search di Blogspot
mendapatkan Script google custom search

4.Salin Script yang tersedia pada kotak dan untuk pemasanganya silahkan terapkan Script tersebut pada Tata Letak dengan catatan  Untuk membuat Widget Google Custom Search menjadi Valid HTML5, silakan ganti kode di bawah ini.

<script>
  (function() {
    var cx = '010149286697169504525:qyw_kxjkqay';
    var gcse = document.createElement('script');
    gcse.type = 'text/javascript';
    gcse.async = true;
    gcse.src = 'https://cse.google.com/cse.js?cx=' + cx;
    var s = document.getElementsByTagName('script')[0];
    s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
  })();
</script>
<gcse:search></gcse:search>

Silahkan ganti Script yang sudah saya beri tanda dengan Script <gcse:search>, <gcse:searchbox>, <gcse:searchresults>, atau <gcse:searchbox-only>.

dan akan nampak seperti di bawah ini :

<script>
  (function() {
    var cx = '010149286697169504525:qyw_kxjkqay';
    var gcse = document.createElement('script');
    gcse.type = 'text/javascript';
    gcse.async = true;
    gcse.src = 'https://cse.google.com/cse.js?cx=' + cx;
    var s = document.getElementsByTagName('script')[0];
    s.parentNode.insertBefore(gcse, s);
  })();
</script>
<gcse:search>, <gcse:searchbox>, <gcse:searchresults>


jika sudah maka kita lanjut untuk memasangnya.

Memasang Google Custom Search di blogspot.

1.Login ke Blogger > Tata Letak > Buat Widget Baru (HTML/Javascript) > tambahkan Kode tadi yang telah kita Sunting dan klik Save kemudian Lihat hasilnya.

Setelah selesai Memasang Google Custom Search pada blog maka Jika kita ingin menautkan pencarian khusus google tersebut ke Google adsense dan memonitasinya maka ikuti langkah berikut.

Monetasi Google CSE ke Adsense

1. Pastikan sobat sudah mempunyai blog yang sudah bisa ditambahkan Google AdSense

2. Silakan log in di Google CSE http://www.google.com/cse/

3. Klik Nama Mesin Telusur yang sudah sobat buat tadi

4. Pilih Menu Penyiapan

5. Disitu ada Tab Basics (Dasar-dasar), Make money (Dapatkan Penghasilan), Admin, dan Indexing (Pengindekan). Nah, Silakan klik tab Make money (Dapatkan Penghasilan)


Monetaze google custom search pada blog
Monetasi google custom search

6. Silakan klik tombol Aktif pada opsi Search Engine Monetization (Monetisasi Mesin Telusur)

Setelah selesai masih ada lagi point yang penting, sempat ada pertanyaan "kenapa hasil dari google custom search hasilnya kayak Pop-up ?"

Cara mengganti Hasil pencarian dari Google CSE

Silahkan masuk pada tahap menu penyimpanan dan klik Tampilan dan Nuansa, pada tampilan dan nuansa kita bisa memilih sesuai selera kita sendiri , dan silahkan tentukan sendiri setelah itu Klik Save dan dapatkan kode, Jika kode sudah di dapatkan gunakan cara ke 4 pada tahap pembuatan Google Custom Search .
cara membuat google custom search di Blogspot
merubah tampilan google Custom Search

Selanjutnya silahkan Masukan lagi scriptnya pada Widget pada Menu Tata Letak .

Demikian informasi yang sudah saya kutip pada tutorial cara membuat google custom search di Blogspot Semoga bermanfaat dan jangan bosan untuk berkunjung kembali, Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar pada kolom komentar yang telah saya sediakan sekian cara membuat google custom search di Blogspot semoga bermanfaat.

0 komentar