cara menghilangkan musik pada lagu dengan audacity

Dalam setiap proses penghilangkan suara alunan lagu pada audio pada tutorial sebelumnya menggunakan software Adobe After Effects ternyata tidak cukup ampuh dalam menghilangkan suara musiknya mungkin hanya 60% dan hasilnyapun tidak sesuai yang kita inginkan dan prosesnya sangat ribet dan cukup memakan waktu karena kita harus menyesuaikan efeknya tapi dengan software Audacity Kita bisa menghilangkan suara lagu 80% dan hasilnyapun cukup bagus karena alunan lagunya juga sekitar 20% dan suara Pokalnya juga sangat jelas , dengan ulasan yang saya bahas pada tutorial kali ini tentang cara menghilangkan musik pada lagu dengan audacity. 

kita menggunakan  Audacity Versi 2.0.4  anda bisa Download softwarenya di sini !
 Usai mendownload dan membuka software audacity maka kita download Plugins Vst.Kn0ck0ut .
Kenapa saya menggunakan Plugins Vst? karena dengan menggunakan Vst.Kl0ck0ut kita akan membuat Audio acapella yang hampir sempurna  , kenapa hanya hampi sempurna ? karena pada setiap hasil rekaman atau Video yang bersumber dari situs atau Youtube itu berformat Mp4 atau yang sejenisnya , tentunya tidak bisa kita pisahkan karena dari rekamanya tidak merekam satu-persatu alat musiknya , tapi jika kita menemukan berkas yang formatnya MOGG kita bisa memisahkan lagunya dengan alunan musik dari lagunya karena format MOGG berisi berkas musik yang terpisah .

 cara menghilangkan musik pada lagu dengan audacity

 setelah kita mendowndownload Vst.Knockout kita buka dan kita Buka , setelah membuka File tersebut kita Buka My Computer > Local Disk (D:) > Program Files >Audacity > cari Plug-Ins pada Beerkas Audacity Seperti di gambar , lalu seret file pada Vst.Kn0ck0ut .



Jika kita sudah memasukan Plug-ins Vst.Kn0ck0ut pada software dan sudah terpasang maka kita Check pada softwarenya apa sudah muncul atau belum , jika muncul maka akan nampak Audacity dan cara memastikanya kita cari Effrct pada menu audacity letak dari Vst tersebut berada pada akhir seperti gambar di bawah ini .





Jika nampak seperti gambar berikut maka kita telah sukses dalam pemindahan sebuah Plug-ins pada audacity , nah setelah ini kita akan menuju tahap dimana kita akan menghilangkan efek lagu dari audio yang akan kita edit dan mungkin tahapini adalah tahap utama dalam pembahasan tutorial kali ini , dalam tutorial ini tentunya kita siapkan terlebih dulu Lagu yang akan kita hilangkan Musiknya , dalam memilih lagu saya sarankan untukmemilih lagu yang asli dan bukan hasil Cover atau dari aplikasi android seperti Smule atau aplikasi dari perangkat adroid karena tidak semua lagu bisa di jadikan ACAPELLA karena itu kita harus lebih jeli dalam memilih lagu mana yang akan kita edit , 

  • setelah menyiapkan lagu yang akan kita edit maka kita seret dalam software Audacity tersebut maka akan seperti gambar di bawah ini .

  • Sebelum memuulai pastikan kita Klik terlebih dili Tracks nya lalu baca bismillah agar hasil editan kita berhasil dan memuaskan hasilnya , Setelah meng klik Track Tersebut maka klik Effect pada menu Audacity , letak Effect berada di atas , Setelah itu kita cari VST.Kn0ck0ut yang telah kita pasang sebelumnya kemudian kita setting Seperti pada gambar di bawah ini .

  • Setting seperti gambar di atas karena ini sangat penting jika anda salah dalam memasukan Low cut dan high cut maka hasilnyapun tidak akan bagus dan bisa saja lagu yang kita edit akan tidak mempunyai suara sama sekali , dalam Extract centre kita klik ON setelah itu sesuaikan Low Cut dan Hight Cut dengan yang sudah saya buat di atas , jika kita sudah menyetelnya dengan benar maka kita klik OK lalu tunggu Proses selesai , dan tunggu hasilnya pasti akan seperti gambar di bawah ini .
  • Jika audio yang kita edit seperti gambar yang saya sediakan di atas maka audio yang kita edit maka berhasil dan coba anda tes dengan memutar audionya jika hasilnya tetap sama maka dalam audio tersebut tidak bisa di edit menjadi acapella tapi jika audio yang kita edit dan ketika kita putar ternyata berhasil Menjadi acapella maka Berhasil ! .
  • langkah selanjutnya pasti audio yang telah kita buat akan berbunyi hanya pada sebelah Kanan atau kiri Headset jika kita menggunakan headset , cara agar audionya berbunyi pada kedua sisi headset maka kita atur dengan cara Klik tanda panah terbalik pada track tepat pada nama track , Klik dan cari Split Stereo Track maka audionya akan terbagi dua yaitu sisi kiri dan kana.

  • Setelah terbelah menjadi dua maka ada track yang kosong atau tidak ada karena kita telah memotongnya pada tahap pengeditan vst tadi maka kita klik tanda X pada pojok kiri track tersebut setelah itu kita klik kembali track yang tersisa yaitu dengan mengklik tanda panah terbalik ke bawah dan cari Mono .
  • maka akan berbunyi pada kedua sisi headset maka kali ini kita telah selesai pada tutorial ini saatnya kita menyimpan audio yang telah kita edit .

 Hal yang simple adalah hal yang sangat keren

sekian dari tutorial saya semoga anda dapat  memahamisetiap kata dari tutorial saya kali ini dan jika anda bingung atau pusing dalam tutorial saya kali ini anda bisa melihat video tutorial yang telah saya sediakan untuk anda yang awam dan masih tidak mengerti dalam penggunakan software audacity , dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak anda karena komentar anda sangat berharga bagi saya karena setiap kata yang anda lontarkan kepada tutorial saya kali ini baik buruk dan baik itu akan menjadi motifasi saya untuk terus menjadi seorang blogger yang bermanfaat tentunya dalam memberikan sebuah informasi yang bermanfaat .

7 komentar